oleh

Bustami Zainuddin: Kampung Tangguh Nusantara Jadi Motor Penanggulangan Covid-19

JAKARTA – Senator Dapil Lampung, Bustami Zainuddin mengapresiasi peluncuran Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Kampung Jati Datar Mataram Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah.

Mantan Bupati Waykanan Lampung itu berharap peluncuran tersebut tak hanya sebatas seremoni belaka.

“Saya berharap kampung ini menjadi tempat pengawasan dan menjadi tempat penanggulangan Covid-19 melalui keterlibatan dan peran aktif masyarakat,” kata Bustami dalam keterangan resminya, Selasa (9/3/2021).

Wakil Ketua Komite II DPD RI itu meminta kesigapan masyarakat jika ada yang terindikasi terpapar Covid-19 untuk selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. “Kampung Tangguh Nasional juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti posko, struktur, rumah isolasi, Kelompok Wanita Tani (KWT) yang diharapkan mampu meningkatkan usaha kecil dan mikro,” ucap dia.

Bustami berharap Kampung Tangguh Nasional ini tak hanya pada masa pandemi belaka, namun juga tetap berlangsung hingga pascapandemi usai.

“Kita berharap Kampung Tangguh Nasional ini berkelanjutan menjadi ketangguhan ekonomi masyarakat serta menjadi basis pertahanan keamanan keluarga,” tutur Bustami.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap peran serta masyarakat melalui penguatan Kampung Tangguh Bencana tak hanya berfungsi pada saat kebencanaan terjadi saja.

“Kampung Tangguh Bencana harus menjadi modal bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya dalam berbagai lini sektor kehidupan,” harap LaNyalla.

Dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara yang mengedepankan penanggulangan Covid-19 ini pemerintah pusat akan selalu berkoordinasi dan memantau dengan pemerintah provinsi, pemerintah daerah dan pemerintah tingkat kecamatan yang membawahi kampung atau kelurahan serta TNI/POLRI diikutsertakan untuk membantu percepatan, Pengawasan penanganan wabah Covid-19 terhadap Kampung Tangguh Nusantara yang telah dibentuk dengan bersama sama Satgas Covid-19. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed