oleh

Bustami Zainudin: Perlakukan Hewan dengan Baik, Jangan Beri Makanan Sampah Plastik

JAKARTA – Video viral di media sosial mengenai pengunjung Taman Safari yang memberi makan hewan jenis kudanil dengan sampah plastik memantik reaksi berbagai pihak. Salah satunya datang dari Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin.

Mantan Bupati Waykanan Lampung itu mengecam tindakan pengendara bernomor polisi D 1581 VN tersebut yang memberi makan kudanil minuman kemasan botol plastik hingga hewan tersebut tersedak.

“Saya mengecam tindakan tak terpuji tersebut. Jika dibiarkan akan membuat hewan-hewan penghuni taman safari mengalami sakit. Sampah botol plastik jika masuk ke dalam perut kudanil tentu sangat membahayakan,” kata Bustami dalam keterangan resminya, Selasa (9/3/2021).

Senator Dapil Lampung itu meminta kepada pihaj pengelola, dalam hal ini Taman Safari untuk memasang beberapa CCTV di lokasi strategis agar perilaku pengunjung kepada hewan peliharaan di sana terpantau dengan baik.

“Pengunjung yang tidak bertanggungjawab seperti itu harus mendapat hukuman dan tindakan tegas,” ujarnya.

Bustami mengimbau kepada masyarakat atau pengunjung untuk turut melestarikan hewan-hewan yang ada. “Harus ada peraturan yang ketat terhadap pengunjung agar tidak menyiksa hewan yang ada. Saya yakin banyak kasus-kasus lain yang terjadi tetapi tidak terungkap,” ujarnya.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan, edukasi kepada para pengunjung juga menjadi bagian penting agar hal serupa tak terjadi di kemudian hari. “Sebelum mereka diperkenankan mengeksplorasi areal Taman Safari sebaiknya pengunjung diberikan edukasi mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan,” tutur LaNyalla. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed